Ada Pungli di Program Ambulance Hebat Parosil? - Sinarlampung.com

Ada Pungli di Program Ambulance Hebat Parosil?

Spread the love

Lampung Barat (SL)- Ada indikasi pungutan liar (Pungli) pada program Ambulance Hebat, yang menjadi salah satu program unggulan Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin. Pungli diduga dilakukan petugas ambulance, saat melaksanakan tugas, padahal harusnya gratis.

Temuan itu disampaikan anggota Komisi III DPRD Lampung Barat, Heri, yang juga Ketua Fraksi Demokrat DPRD Lambar, saat hearing dan perkenalan dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, Senin (30/9).

Menurut Heri, dirinya menerima informasi bahwa ada oknum petugas Ambulance Hebat yang melakukan pungutan, dan hal ini perlu ditindaklanjuti oleh dinas terkait. ”Ada laporan kalau oknum ambulance hebat melakukan pungutan, ini seperti apa?” ujar Heri, yang tidak menyebutkan nama dan petugas Ambulance Hebat di kecamatan mana yang melakukan pungutan liar.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar Paijo, SKM, M.Kes., menyampaikan ucapan terimakasih atas informasi yang disampaikan anggota dewan, dan ia berjanji itu akan ditindaklanjuti pihaknya sehingga tidak terjadi lagi dikemudian hari, sebab itu sudah melanggar ketentuan.

”Terimakasih informasinya, namun akan lebih baik ketika disampaikan saja siapa nama petugasnya dan di kecamatan mana, sehingga kami bisa lebih mudah melacak dan memberikan pembinaan, karena tentunya jika itu memang terjadi itu tidak dibenarkan,” tegas Paijo.

Seperti diketahui, Tahun anggaran 2019 ini Pemkab Lambar kembali menambah empat unit armada Ambulance Hebat, yang akan ditempatkan di empat kecamatan. Selain itu, Pemkab Lambar melalui Dinkes juga akan melakukan rekrutmen tim ambulance hebat untuk lima kecamatan.

Untuk empat unit armada Ambulance Hebat, masih dalam proses pengadaan yang nantinya akan ditempatkan di masing-masing puskesmas di Kecamatan Suoh, Bandarnegeri Suoh (BNS), Batuketulis dan Belalau. Selama ini empat puskesmas tersebut masih memanfaatkan armada Pusling untuk melaksanakan program Ambulance Hebat, dan baru tahun ini bisa dianggarkan. Sehingga dengan penambahan empat unit tersebut, maka jumlah armada Ambulance Hebat di Lambar berjumlah sepuluh unit.

Sementara itu untuk rekrutmen tim Ambulance Hebat, yang terdiri dari driver, bidan dan perawat, itu dikhususkan untuk lima kecamatan yang memang belum ada, yakni Puskesmas Sekincau, Batubrak, Gedungsurian, Waytenong dan Puskesmas Sumberjaya. Rektutmen ini sama seperti sebelumnya, yakni melalui tahapan seleksi.

Dengan adanya Ambulance Hebat, tentunya diharapkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat khususnya oleh puskesmas-puskesmas akan terus meningkat, dan menjangkau pekon-pekon. Program Ambulan Hebat ini untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lambar. Setiap ambulan diberikan tiga petugas khusus yang akan melayani di masing-masing kecamatan. (mlp/red)

Tinggalkan Balasan